Sabtu, 25 April 2015

DISIPLIN ADALAH NAFASKU


Kalau kita baca artikel artikel forex, untuk menjadi seorang trader yang sukses adalah harus disiplin dalam menjalankan system trading yang sudah kita susun dan sudah teruji.

Ah masa sih, saya tidak meyakini hal itu, tapi setelah margin call puluhan kali, saya baru berfikir, oh ternyata benar dalam trading memang sangat perlu disiplin, biasanya hal itu saya pikirkan saat loss atau margin call, tapi begitu profit, kambuh lagi deh penyakitnya, over trader, besarkan lot, dan akhirnya margin call lagi. Ya ternyata disiplin cuma mudah diucapkan tapi sangat-sangat sulit untuk dilakukan.

Saya jadi ingat, kalau kita berkunjung ke markas TNI, sering kita baca slogan “Disiplin Adalah Nafasku”. Ah itu kan hanya slogan, ternyata tidak setelah saya amati baik teman, saudara atau tetangga yang berprofesi sebagai TNI mereka sangat disiplin dalam segala hal dalam kehidupannya, luar biasa, andaikan anggota TNI mempunyai side job bertrading saya yakin mereka akan berhasil.

Bagaimana dengan saya dan anda yang sering melanggar system trading yang kita buat sendiri? Yang bisa kita lakukan hanya mencoba, mencoba, dan mencoba. Disiplin, disiplin, dan disiplin. Karena dengan disiplin, kita bisa tahu kualitas kita yang sebenarnya.

“Disiplin adalah nafasku” Mabes TNI