Senin, 06 April 2015

TRANDING FOR LIVING, MUNGKINKAH?


Pertanyaan ini yang sering saya dengar, dan saya baca di google, jawabnya tergantung dari anda sendiri.

Hitungannya begini, pertama tama anda harus menghitung biaya hidup setiap bulan, tentunya tiap orang berbeda beda, tergantung anda masih lajang atau sudah menikah, dan berapa jumlah anak yang anda miliki. Atau lebih mudahnya ambil data Komponen Hidup Layak (KHL). Misalkan kita ambil KHL DKI Jakarta yang di angka 2.5 jutaan, untuk hidup lebih layak lagi angka tersebut anda kalikan 2 jadi sekitar 5 juta perbulan.

Setelah tahu berapa besar kebutuhan anda tiap bulan, selanjutnya cek hasil trading anda dalam beberapa bulan terakhir. Katakanlah dalam 6 bulan terakhir ini anda bisa profit rata rata 10% perbulan. Jadi hitungannya untuk bisa trading for living dengan hasil 5 juta perbulan anda harus punya modal minimal 50 juta. Lebih amannya lagi kalau modal anda 100 juta dengan begitu tidak terlalu “ngoyo” tradingnya. Karena kita tahu tidak ada yang pasti di dalam trading, kadang profit kadang loss.

Setelah membaca hitung-hitungan di atas beranikah anda trading for living?
Beranikah anda “move on” dari pekerjaan anda sekarang ?

Saran saya untuk trader yang  belum mempunyai modal yang cukup, anda tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk melakukan trading for living.
Kumpulkan modal dulu, asah ketrampilan trading anda sehingga bisa profit konsisten.

Tapi untuk yang benar benar nekat dan yakin bisa trading for living kenapa tidak?
Yakinkan saja diri anda bahwa anda bisa dan akan berhasil.  

 "Always do whatever's next" George Carlin